Catatan Perjalanan

Saya lupa kapan tepatnya terakhir kali blusukan bersama Bapak. Dulu sebelum menikah saya dan Bapak punya hobi blusukan ke beberapa tempat di sekitaran jogja saja, ujung Bantul, ujung Kulon Progo dan daerah Godean adalah wilayah favorit kami. Biasanya kami blusukan tanpa merencanakan sebelumnya. Kalau Bapak luang, biasanya bapak mendadak menawarkannya kepada kami anak-anaknya. Blusukan dengan Bapak adalah salah satu hal paling menyenangkan dalam hidup saya. Perjalanan menyusuri jalanan yang sepi, melewati pegunungan dan perbukitan, sawah, sungai, obrolan di rumah teman-teman Bapak yang kami singgahi, obrolan sepanjang perjalanan dengan bapak adalah hal lain yang juga menyenangkan. Selalu ada pelajaran baru darinya. Tentang kehidupan, pertemanan, silaturahmi, semuanya memperkaya cakrawala berpikir saya. Dan sejak menikah, nyaris saya tidak pernah melakukannya lagi. 
Sampai pada hari Kamis minggu yang lalu, saya berkesempatan blusukan kembali dengan Bapak. Betapa senangnya saya. walaupun tujuannya berbeda dengan dahulu ketika saya 'berblusukan' dengan Bapak, kali ini tujuan blusukan kami bukan 'for fun' tapi untuk mengantar Razan kontrol ke RS. Ada banyak alternatif untuk sampai ke RS. Jika dengan ayahnya Razan, kami biasanya melalui jalan kabupaten dan melewati pangukan beran sebelum nanti menembus jalan magelang. Seperti biasa, jika berperjalanan Bapak memilih jalan yang sepi, teduh dan jalannya bagus (beraspal bagus dan halus tentunya). Sampailah pada pilihan Bapak untuk menyusuri jalan menuju Seyegan-Cebongan yang sepi dan di kiri kananya semuanya masih sawah untuk menuju ke RS, super asri. Saya dan Razan begitu menikmati perjalanan bersama Bapak. Udaranya bersih dan anginnya sepoi-sepoi. Menantikan kembali 'blusukan-blusukan' berikutnya bersama Bapak aka mbah kakung.


0 komentar:

Posting Komentar

tentang saya

Ibu dari dua anak-anak yang sehari-hari mengajar di Universitas Aisyiyah Yogyakarta serta peneliti tentang isu-isu kebijakan publik serta dinamika pemerintahan daerah

Selamat Datang

Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini merupakan kumpulan tulisan pribadi pengisi waktu luang, renungan dan juga rekaman jejak tumbuh kembang anak lanang kami, Razan. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Translate

Popular Posts

Followers