enam bulan yang dinanti


Yeaayyy…Alhamdulillah besok pagi  usia Razan sudah genap 6 bulan. Cepat sekali rasanya waktu bergulir. Disamping sudah boleh diajari maem, usia 6 bulan berarti Razan  juga sudah boleh diajak bepergian jauh, nengok kakung sama uti ke Ngawi.
Sebetulnya tidak ada larangan tertentu terkait usia berapa bayi boleh diajak bepergian agak jauh. Khusus  untuk Razan  sejak awal memang tidak diijinkan oleh utinya di Ngawi untuk pergi yang jauh-jauh. Bukan karena apa-apa, hanya takut rewel di jalan. Itu saja. Uti mungkin agak parno dengan masa bayinya Razan yang sangat rewel , nggak tahan panas dan kalau nangis super kenceng. Oleh karena itu, sejak awal uti tidak pernah mengijinkan Razan untuk bepergian jauh. Termasuk ke Ngawi, nengok kakung yang sedang gerah. Saya sebagai orang tua baru ya manut sajalah. Dari pada repot juga.
Makanya itu, saya (dan Ayahnya Razan tentunya yang sangat bersemangat) jauh-jauh hari merencanakan perjalanan ke Ngawi saat Razan sudah memasuki usia enam bulan. Berbagai persiapan sudah kami lakukan, seperti memilih alat transportasi yang feasible untuk Razan, apakah itu Patas atau Kereta, memilih hari saat Ayah dan Bunda libur agak lama, biar bisa di Ngawi agak lama maksudnya J dan tentu saja konsultasi dengan mbah google seputar bepergian dengan bayi. Berikut beberapa yang persiapan dan kebutuhan untuk bayi selama bepergian yang bisa dishare:
1.       Baju untuk bayi selama di perjalanan yang nyaman
2.       Baju ganti secukupnya selama di tempat tujuan, sesuaikan dengan cuaca di daerah tujuan
3.       Obat-obatan sederhana, seperti Minyak telon, Parasetamol, obat batuk atau obat yang sudah diresepkan oleh dokter
4.       Peralatan makan dan minum (jika bayi sudah 6 bulan)
5.       Peralatan mandi bayi
6.       Mainan
7.       Tisu dan kering
8.       Diapers (Selama diperjalanan, check diapers setiap 3-4 jam, segera ganti apabila bayi BAB)
9.       Pastik untuk tempat sampah
10.   Camilan praktis untuk bayi yang telah makan MPASI
Tunda bepergian apabila bayi kita sedang sakit atau tidak menemukan kendaraan yang nyaman.
Semoga bermanfaat.

#Jogja, 29022012

0 komentar:

Posting Komentar

tentang saya

Ibu dari dua anak-anak yang sehari-hari mengajar di Universitas Aisyiyah Yogyakarta serta peneliti tentang isu-isu kebijakan publik serta dinamika pemerintahan daerah

Selamat Datang

Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini merupakan kumpulan tulisan pribadi pengisi waktu luang, renungan dan juga rekaman jejak tumbuh kembang anak lanang kami, Razan. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Translate

Popular Posts

Followers