Desa Ketingan: Hunian Nyaman untuk Populasi Kuntul

Adakah yang pernah tahu atau mendengar tentang Desa Ketingan? Desa Ketingan adalah sebuah Desa yang berlokasi di sebelah selatan Kota Sleman, tepatnya di Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Lokasi persisnya adalah di sebelah timur kantor Kecamatan Mlati. Desa Ketingan ini merupakan desa yang menyimpan kekayaan fauna berupa populasi burung kuntul. Kondisi Desa Ketingan yang merupakan wilayah subur yang memiliki areal sawah pertanian yang terbentang luas serta pekarangan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar, membuat wilayah ini menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi ratusan spesies burung kuntul. 

Bagi Anda yang sering melintasi jalan ke arah utara selokan mataram menuju Cebongan pada pagi hari sebelum jam 8 atau sore hari setelah jam 16.30, akan dengan mudah menikmati suguhan indah berupa deretan burung kuntul yang berdiri berjejer di pinggir sawah ataupun pohon-pohon tinggi yang juga berada di pinggir jalan. 

Barangkali saya termasuk orang yang beruntung dapat menikmati suguhan pemandangan indah tersebut. Kemarin pagi, saya bersama Razan melewati jalan tersebut menuju RSUD Sleman tepat sebelum pukul 8. Dan betul saja, banyak sekali saya dapati burung kuntul di sawah dan pepohonan tinggi di sepanjang jalan yang saya lewati tersebut. Bukan hanya Razan yang senang, saya juga senang. Piknik yang tidak direncanakan, pikir saya. Sungguh burung-burung kuntul tersebut telah memikat hati saya dengan tubuh putihnya yang menurut saya indah dan juga dengan kepakan-kepakan sayapnya yang tak kalah memikat hati. Saya semakin merasa beruntung karena pulang dari Rumah Sakit, sekitar habis zuhur, oleh Bapak saya saya diajak melewati sawah yang berada di pedalaman Ketingan. Tak ada rumah di sana, sejauh mata memandang semuanya adalah hamparan hijau sawah membentang. Subhanallah, ternyata ya, piknik itu nggak perlu jauh dan mahal. Di dekat rumah saya pun ada dan gratiiiissss!!!!.




Ohya, burung-burung tersebut hanya bisa dilihat pagi-pagi sebelum jam 8 atau sore-sore kira-kira setelah pukul 16.30. Antara jam 8-16.30 tersebut burung-burung akan terbang ke arah selatan untuk mencari makan. Dan sekali lagi, saya termasuk orang yang beruntung karena setiap pagi saya dapat menikmati barisan burung-burung yang terbang ke arah selatan untuk mencari makan. Lokasi rumah saya kebetulan berada di sebelah selatan segaris dengan Desa Katingan, sehingga setiap pagi dilewati. Bisa dipastikan setiap pagi dan sore hari saya akan berada di halaman rumah menantikan barisan-barisan burung tersebut melintas. Dan razan dengan girang akan bilang 'da da uyung, da da uung' (dada burung). So, bagi yang penasaran, segera saja berkunjung. Keren loh, apalagi kalau habis hujan, suasananya dijamin topmarkotop :).


0 komentar:

Posting Komentar

tentang saya

Ibu dari dua anak-anak yang sehari-hari mengajar di Universitas Aisyiyah Yogyakarta serta peneliti tentang isu-isu kebijakan publik serta dinamika pemerintahan daerah

Selamat Datang

Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini merupakan kumpulan tulisan pribadi pengisi waktu luang, renungan dan juga rekaman jejak tumbuh kembang anak lanang kami, Razan. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Translate

Popular Posts

Followers